Abstraksi Teks Hadiah Nobel
Penghargaan Nobel adalah penghargaan yang diberikan kepada orang yang melakukan penelitian luar biasa. Saat ini Hadiah Nobel dianggap sebagai penghargaan tertinggi bagi orang yang mempunyai jasa besar kepada dunia.
Hadiah ini pertama kali diberikan berdasarkan wasiat Alfred Nobel, seorang industrialis Swedia yang telah menemukan dinamit. Wasiat itu menjelaskan bahwa seluruh harta Alfred harus diinvestasikan dalam bentuk saham dan dipakai untuk mendirikan sebuah yayasan, yang labanya setiap tahun dibagikan dalam bentuk penghargaan bagi oang yang dinilai berjasa besar terhadap kemanusiaan.
Banyak pihak yang terkejut dengan isi wasiat tersebut. Pro dan kontra terus terjadi, sehingga pemberian Hadiah Nobel baru bisa terlaksana lima tahun setelah Alfred Nobel wafat. Seremoni untuk penghargaan Nobel di bidang sastra, fisika, kimia, kedokteran, dan perdamaian pertama kali diadakan di Old Royal Academy of Music di Stockholm. Penghargaan Nobel dianugerahkan setiap tahunnya pada 10 Desember, yang merupakan tanggal wafatnya Alfred Nobel. Biasanya, nama calon penerima diumumkan pada bulan Oktober.
Penghargaan pencapaian dalam fisika dan kimia ditentukan oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Kerajaan Swedia, fisiologi atau kedokteran  ditentukan oleh The Karolinska Institute, sastra ditentukan oleh The Swedish Academy, dan perdamaian ditentukan oleh komite yang ditunjuk oleh Norwegian Storting atau Parlemen Norwegia. Pada 1968, Sveriges Riskbank, Bank Swedia, menambahkan penghargaan dalam ilmu ekonomi yang akan ditentukan oleh Royal Swedish Academy of Sciences.








Sinta Dewi Rahmawati

XII Aksel 1 / 19

Komentar

Postingan Populer