PUDARNYA BUDAYA JAWA
Dewasa ini, semakin banyak masyarakat yang meninggalkan budayanya sendiri. Terlebih budaya Jawa yang semakin luntur apalagi dikalangan remaja. Budaya Jawa yang dulunya melekat pada masyarakat Jawa nampaknya sudah mulai tergeser dengan budaya luar.
Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain sebagai berikut.
  1. Pengaruh globalisasi
Dalam hal ini, pengaruh globalisasi cukup besar terhadap budaya Jawa. Karena, masyarakat sekarang ini ingin selalu mengikuti tren dunia, dan menganggap budaya Jawa sudah kuno. Dapat dilihat dari cara berpakaian mereka yang lebih memilih memakai pakaian mini khususnya dikalangan wanita dimana hal ini kurang sesuai dengan budaya Jawa yang mengedepankan kesopanan.
  1. Kurangnya pendidikan budaya Jawa
Pelajaran bahasa Jawa nampaknya kurang efektif dalam mengajarkan kita dalam berbudaya Jawa. Selain karena jam pelajaran yang kurang, pelajaran ini lebih mengedepankan teori daripada praktiknya
  1. Karakteristik generasi muda sekarang
Semakin lama, generasi muda semakin acuh tak acuh terhadap budayanya sendiri bahkan menyepelekan unggah-ungguhing budaya. Mereka ingin hidup bebas tanpa terikat aturan-aturan budaya yang ada.
  1. Faktor orang tua
Perilaku generasi muda saat ini tidak terlepas dari kebiasaan orang tua dalam mendidik anaknya. Sekarang ini banyak orang tua yang terlalu sibuk bekerja hingga tidak memiliki waktu yang cukup untuk mengajarkan tata krama kepada anaknya. Banyak pula orang tua yang tidak bisa memberi contoh yang baik kepada anaknya dalam berperilaku. Karena pada dasarnya buah jatuh tak jauh dari pohonnya.
  1. Lingkungan sekitar
Masyarakat yang heterogen dalam satu wilayah ikut mempengaruhi pudarnya budaya Jawa. Masyarakat heterogen memiliki arti masyarakat yang memiliki budaya yang berbeda-beda. Hal ini dapat menyebabkan asimilasi dua budaya atau lebih. Hal ini menyebabkan budaya Jawa asli mulai pudar.
Dari uraian diatas, dapat diketahui bahwa tidak hanya proses globalisasi yang memengaruhi pudarnya budaya Jawa, melainkan kita sendiri dapat pula menjadi pengaruh pudarnya budaya Jawa.


Disusun oleh:
Afifah Zahra S (01/XI Aksel 1)
Lina Nur R (14/XI Aksel 1)
Ni Luh Ayu S (16/XI Aksel 1)
Sinta Dewi R (19/XI Aksel 1)


Komentar

Postingan Populer